6 Makanan Sehat Untuk Penderita Diabetes Melitus

Penyakit kencing manis atau diabetes melitus merupakan masalah kesehatan yang serius. Seiring waktu, hal ini dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung, ginjal, stroke, dan masalah  kardiovaskular lainnya.

Diabetes melitus sering disebut pembunuh diam diam karena tidak menunjukkan gejala yang jelas. Jika Anda tidak mengetahui apakah tingkat gula darah Anda meningkat atau tidak dapat diperiksa secara teratur dengan menggunakan alat pengukur gula darah, diabetes melitus jika dibiarkan begitu saja akan dapat membahayakan bagi penderitanya selama bertahun tahun.

Makanan Sehat Untuk Penderita Diabetes Melitus

Nah berikut ini ada beberapa jenis makanan yang direkomendasikan bagi penderita diabetes dalam langkah menurunkan tingkat gula darah di dalam tubuh, antara lain:

Oatmeal

Makanan yang tinggi serat, rendah lemak, dan rendah natrium merupakan makanan yang  Anda inginkan untuk menurunkan gula darah Anda, adalah oatmeal. Makanan ini sangat efektif bai Anda yang ingin menurukan gula darah Anda yang tinggi.

Oatmeal bisa dijadikan sebagai sarapan Anda setiap pagi, jika Oatmeal memiliki rasa yang hambar, Anda bisa menambahkan sedikit madu atau sebaiknya ditambahkan dengan buah segar untuk memberi rasa manis.

Sayuran Hijau

Makanan tinggi kalium seperti natrium memberikan manfaat yang lebih baik. Hal ini memungkinkan ginjal untuk menyingkirkan natrium melalui urin Anda, yang menurunkan gula darah Anda. Sayuran hijau seperti kangkung, kale, lobak hijau, sawi hijau dan bayam memiliki tinggi kalium. Pilihlah sayuran hijau yang masih segar sebab kandungan nutrisi yang tinggi terdapat di dalam sayuran hijau segar.

Buah Pisang

Pisang adalah buah yang bagus untuk menambahkan potasium dalam diet Anda. Makan makanan yang kaya akan mineral merupakan langkah yang lebih baik daripada memilih konsumsi suplemen. Pisang dapat di campurkan ke dalam sereal atau oatmeal di setiap sarapan pagi Anda. Pisang dapat memberikan tambahan energi bagi tubuh yang sedang diet rendah karbohidrat tanpa takut mengalami peningkatkan gula darah.

Buah Jenis Berries

Buah berries seperti strawberry, raspberry dan blueberry mengandung kaya akan senyawa alami yang disebut flavonoid. Satu studi menemukan bahwa mengkonsumsi buah yang mengandung flafonoid dapat mencegah diabetes melitus, dan mungkin membantu mengurangi gula darah tinggi. Blueberry, raspberry, dan stroberi dapat dibahkan dalam menu diet Anda. Buah-buahan tersebut dapat dicampurkan pada sereal sarapan pagi Anda.

Umbi Kentang

Kentang mengandung tinggi kalium dan magnesium, dua kandungan tersebut dapat membantu untuk menurunkan gula darah Anda. Mereka juga tinggi serat, yang diperlukan untuk diet sehat secara keseluruhan. Kentang dapat diolah menjadi berbagai macam olahan yang dapat digunakan sbeagai menu makanan Anda sehari hari.

Umbi Bit

Para peneliti menemukan bahwa orang yang memiliki gula darah tinggi akan sembuh secara signifikan jika mengkonsumsi jus bit. Para penulis studi menemukan bahwa kandungan nitrat dalam jus dapat menurunkan gula darah hanya dalam 24 jam. Anda bisa mengolah bit sendiri dengan cara dimasak atau diolah menjadi minuman jus. Perlu diingat untuk berhati-hati saat menangani bit. Sebab warna merah yang bersumber dari buah bit itu sendiri dapat menodai tangan dan pakaian.

Lihat juga informasi tentang obat herbal diabetes melitus paling ampuh.

Itulah penjelasan beberapa makanan dan minuman yang baik untuk penderita gula darah tinggi, maka untuk itu bagi penderita diabetes melitus sebaiknya dari sekarang mulailah mengatur pola makan Anda yang lebih sehat agar tidak membahayakan tingkat gula darah Anda.

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *