Cegah Osteoporosis Dengan Gaya Hidup Sehat

Osteoporosis selalu menyerang perempuan saat telah mencapai usia lanjut. Ada beraneka jenis pemicu osteoporosis, tetapi yang sangat sering dikenal yaitu kekurangan kalsium. Meskipun demikian, mencukupi keperluan kalsium saja tidak cukup menghambat timbulnya osteoporosis. Ada sejumlah kondisi yang dapat mempengaruhi timbulnya osteoporosis sepertikurang berolahraga atau kegemukan.

Cegah Osteoporosis Dengan Gaya Hidup Sehat

Cara sederhana dalam menghindari osteoporosis yaitu dengan menjadi bugar dan aktif. Adapun tips-tips penghindraan lainnya yang dapat Anda lakukan, yaitu sebagai berikut :

Menjaga Berat Badan yang Ideal

Kegemukan kerap dihubungkan dengan osteoporosis. Mengatur berat badan supaya tetap teratur merupakan kondisi yang seharusnya Anda terapkan sehingga tulang Anda tidak menghadapi terlalu bayak dorongan yang pada akibatnya bisa menghindari timbulnya osteoporosis.

Mencukupi Asupan Kalsium Tubuh

Salah satu pemicu timbulnya osteoporosis yaitu tidak tercukupinya asupan kalsium. Perempuan rentan mengalami kehilangan kalsium dari tubuhnya, sehingga diwajibkan untuk kerap mencukupi kebutuhan kalsiumnya dengan cara mengkonsumsi makanan laut, brokoli, bayam, prosuk susu, dan minum susu.

Jangan Abaikan Rasa Sakit Pada Tulang atau Sendi

Osteoporosis timbul disebabkan kepadatan tulang yang menurun, menjadikan tulang kolaps atau hancur. Kondisi ini umumnya dapat mengakibatkan sakit tulang di tubuh dan hingga mengalami kelainan bentuk. Maka dari itu, jika Anda mengalami seseuatu yang tidak wajar di tulang area tubuh Anda misalnya merasakan sakit, maka secepatnya memeriksakan diri pada dokter.

Jangan Menjalankan Diet Ketat

Mengurangi berat badan dengan menjalankan diet yang sangat ketat merupakan salah satu kondisi yang sangat buruk Anda terapkan untuk tubuh Anda. Menjalankan diet ketat beresiko menjadikan tubuh Anda kehilangan nutrisi yang berguna untuk tubuh termasuk kalsium.

Rutin Berolahraga

Melakukan olahraga dengan teratur bisa melindungi kesehatan tulang Anda dan memudahkan penyerapan kalsium di dalam tulang oleh sumsum tulang. Dengan berolahraga maka aliran darah akan semakin lancar sehingga kalsium dapat diedarkan ke seluruh tubuh dengan baik.

Mengkonsumsi Suplemen Kalsium Tambahan Bagi yang Sudah Lanjut Usia

Memasuki menopause, sebagian besar hormon estrogen di perempuan akan menurun. Maka dari itu, bagi perempuan disarankan segera untuk mengkonsumsi suplemen kalsium sesudah selesai haid.

Mencukupi Asupan Kebutuhan Vitamin D

Jika tubuh mengalami kekurangan vitamin D maka tubuh tidak bisa memproses kalsium. Oleh karena itu, cukupilah kebutuhan vitamin D sehari-hari dengan mengkonsumsi suplemen atau dengan mendiamkan tubuh Anda terkena paparan sinar matahari dalam beberapa waktu saja pada pagi hari.

Berjemur Di Bawah Sinar Matahari Pagi

Sinar matahari pada pagi hari hingga jam 8 pagi banyak mengandung vitamin D. Maka dari itu, perempuan diharuskan untuk dapa menghisap vitamin D yang ditawarkan dari sinar matahari tersebut. Tipsnya yaitu setiap pagi hingga pukul delapan pagi menerapkan jalan santai sambil menikmat sinar dan udara pada pagi hari atau bisa juga berolahraga jogging.

Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin K

Vitamin K pun berkhasiat dalam menghindari osteoporosis. Vitamin K sering didapatkan di dalam sayuran hijau seperti bayam, sawi serta kangkung.

Itu beberapa cegah osteoporosis dengan gaya hidup sehat dan mengkonsumsi makanan yang dapat memberikan tambahan kalsium bagi tubuh. Dengan melakukannya maka tubuh kita akan terhindar dari penyakit pengeroposan tulang / osteoporosis.

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *